Monday, December 5, 2016

Ketan Malang, Ketan Bubuk Malang, Ketan Durian Malang

Ketan Khas Malang, Kedai Ketan Malang, Ketan Legenda Malang, Resep Ketan Legenda Malalng, Ketan Legenda,  Ketan Legenda Batu Malang, Ketan Legendaris, Ketan Susu, Ketan Durian, Ketan Bubuka, Ketan Hitam.


Jadi...ceritanya ogut mau cari makan yang berbau lengket lengket. Hmmm apa ya? langsung aja kita kesini gengz ketan durian atau ketan duren begitu biasa ogut melafalkan durian dalam bahasa sehari-hari haha.
Bicara ketan duren, pikiran ogut seketika melayang ke masa kecil saya dimana dulu nenek sering sekali membuat ketan dari durian. Kalo nggak ada ketan, biasanya nenek menggantinya dengan roti tawar. Kalo stok durian lagi banyak, biasanya nenek juga membuat es durian yang dimasukkan dalam kantong plastik kecil yang bening dan dibekukan dalam freezer, kami menyebutnya es ganepo dan jangan tanya arti es ganepo karena saya masih males buat nyomot-nyomot info dari mbah gugel atau tante wiki gengz.

Ketan Malang, Ketan Bubuk Malang, Ketan Durian Malang
Lanjut sore itu ogut pengen cari cemilan dan tiba-tiba ingat selama ini belom pernah sekalipun menemukan penjual ketan duren di kota Malang. Menurut info, ada penjual ketan duren di daerah hutan kota jalan Malabar tapi....dimananya ya??? Ogut kan baru di Malang tapi untungnya teman-teman yang baik hati mau mengantar untuk mencari kuliner ini. Kami mengelilingi sekitar hutan kota dan langsung aja nemuin penjual ketan duren di depan Laboratorium Prodia jalan Merbabu yang masih ada di sekitar hutan kota Malabar di kota Malang. Beginilah penampakan lapak jualan ketan duren yang saya maksud cuy.



Ada dua jenis dagangan yang ia tawarkan. Ketan Duren dan Serabi Duren. Cuman saat  membeli, serabinya sudah sold outciyeeee :p Menurut penjual ketan duren ini, beliau sudah berdagang sejak 16 tahun lalu, beliau memindahkan lapaknya yang hanya berupa gerobak dorong dengan motor ini sekitar 8 tahun lalu karena awalnya beliau berjualan didaerah Mall Olympic Garden (MOG) dan ketika MOG mulai didirikan maka beliau dilarang berjualan disekitar sana dan hingga saat ini berdaganglah beliau di daerah hutan kota jalan Malabar di kota Malang ini. Beliau berjualan setiap hari kecuali hari Jumat dan lapaknya dibuka pukul 10 pagi dan tak tentu juga tutupnya, tergantung pada stok yang beliau bawa, jika ramai pengunjung ia akan pulang lebih awal :)

Ketan Duren Malang, Ketan KD Malang, Resep Ketan Malang


Masih ada 2 daging durian yang membalut biji durian, agar lebih menarik hati tentunya. Sedangkan untuk varian biasa, tidak ada tambahan daging buah durian dan saya membeli 1 varian biasa serta 1 varian spesial, agar tidak penasaran. Pikir ogut, mungkin varian "biasa" ini kuah santannya sudah beraroma durian...tapi ternyata hanya kuah santan manis saja pemirsa. Eheeeee. Untung saya nggak makan di tempat, saya bungkus dan kuah varian spesial ini lantas dicampur dengan kuah varian biasa, ogut hangatkan kembali dan TARAAAAA...enaknya sama seperti ketan duren jaman masa kecil dulu, hmmmm..seketika menghangat kembali kenangan akan masa liburan, masa ketika segalanya tampak mudah dan menyenangkan.

Udah ya gengz segitu aja makasih udag mau mampir ke blog ogut.

Oh ya kalian bisa baca artikel lainnya di bawah ini :

4 comments: